Rabu, 20 Februari 2019

12 Cara Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Cepat

 Memiliki otot dada bidang dan tebal, perut sixpack dan lengan besar berotot merupakan standar tubuh ideal yang harus dimiliki oleh pria. Selain itu, memiliki tubuh kekar atletis pada dasarnya juga sebuah kebanggaan bagi seorang pria. Maka dari itu disamping melatih otot perut dan lengan, kita juga harus melatih otot dada agar kita memiliki tubuh atletis yang menjadi idaman semua pria.

Sekarang ini telah banyak tersebar tempat fitnes seperti GYM dan training center untuk mendukung serta mempermudah seseorang dalam membentuk dada tebal berotot yang menjadi idaman. Selain membentuk otot dada dengan fitnes di gym maupun training center, anda juga dapat membentuk otot dada di rumah dengan sangat mudah. Cara membentuk otot dada dirumah tidak jauh berbeda dengan cara yang dilakukan di tempat fitnes. Kunci keberhasilan dalam membentuk dada besar berotot adalah dengan latihan secara konsisten dan diimbangi dengan pola makan khusus untuk fitnes. Pentingnya pola makan fitnes untuk membantu membentuk otot dada telah saya bahas sebelumnya dalam artikel yang berjudul 6 Pola Makan Untuk Membentuk Otot Dengan Cepat.

Cara Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Cepat
Cara Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Cepat
Cara membentuk otot dada di rumah dapat dengan mudah kita lakukan denangan peralatan fitnes seadanya, atau kita dapat memanfaatkan benda disekitar kita seperti meja, kursi dan sebagainya untuk membantu suksesnya melatih otot dada kita. Program latihan yang sesuai untuk melatih dan membentuk otot dada adalah latihan yang memfokuskan beban pada otot bagian atas (lebih tepatnya bagian dada dan bahu). Dengan melakukan latihan yang sesuai maka tidak hanya membentuk otot dada, namun secara tidak langsung anda juga dapat membentuk otot bahu agar terlihat datar dan menonjol.

Cara Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Cepat

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara melatih otot dada di rumah agar terlihat lebih tebal, lebih kekar, dan lebih berisi dengan cepat. Namun perlu diingat sebelumnya bahwa program latihan yang dijalankan akan memberikan beban yang berfokus pada otot bagian atas tubuh. Maka dari itu selain latihan yang dijalankan secara konsisten, tubuh juga perlu diberi asupan nutrisi agar otot dada dapat terbentuk dengan cepat tanpa harus mengurangi tingkat kesehatan kita.
Cara Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Cepat
Cara Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Cepat

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Dengan melatih otot dada secara tidak langsung juga akan melatih otot lengan, otot bahu serta otot punggu secara bersamaan. Inilah keuntungan khusus yang akan anda dapat ketika anda melakukan cara melatih otot dada yang sesuai. Adapun beberapa cara membentuk otot dada di rumah yang dapat anda terapkan sebagai program latihan rutin adalah sebagai berikut:

Melatih Otot Dada Dengan Chair Dips

Chair dips merupakan latihan untuk membentuk otot dada pertama dan paling simpel yang dapat anda lakukan. Cara membentuk otot dada di rumah yang satu ini juga memiliki keunggulan karena secara bersamaan juga akan membentuk otot trisep dan otot bahu.

cara melakukan chair dips untuk membentuk otot dada
cara melakukan chair dips untuk membentuk otot dada
Untuk membentuk otot dada dengan chair dips anda memerlukan sebuah kursi. Cara melakukan chair dips adalah sebagai berikut:
  1. Posisikan tangan anda selebar bahu pada kursi.
  2. Angkat badan secara perlahan lahan dengan tangan anda.
  3. Tekuklah lutut ke arah belakan lalu turunkan tubuh secara perlahan.
  4. Ulangi sebanyak 15 kali dan lakukan sebanyak 4 set.

Membentuk Otot Dada Dengan Plyometric Push Up

Plyometric push up pada dasarnya memiliki gerakan yang hampir sama dengan push up pada umumnya. Namun yang membedakan kedua jenis latihan ini adalah plyometric push up menambahkan dorongan melompat dengan menggunakan tangan pada setiap gerakan push upnya.
cara melakukan polymetric push up untuk membentuk otot dada
cara melakukan polymetric push up untuk membentuk otot dada
Cara membentuk otot dada di rumah yang satu ini sangat efektif membentuk dada berotot. Disamping itu secara bersamaan kita juga akan melatih otot lengan kita karena beban tubuh juga bertumpu pada lengan saat melakukan dorongan melompat dengan lengan. Cara melakukan plyometric push up adalah:
  1. Posisikan tubuh seperti push up biasanya.
  2. Dorong tubuh ke atas dengan kedua tangan anda.
  3. Pada saat tubuh di atas, tambahkan gerakan mendorong tubuh seperti akan melompat dengan tangan.

Latihan Membentuk Otot Dada Dengan Rotation Push Up

cara melakukan rotation push up untuk membentuk otot dada
cara melakukan rotation push up untuk membentuk otot dada
Rotation push up juga memiliki gerakan dasar yang sama dengan push up. Yang membedakan rotation push up dengan push up pada umumnya adalah gerakakan tangan yang naik turun secara bergantian kanan dan kiri. Cara membentuk dada di rumah yang satu ini juga merupakan cara cepat yang dapat anda lakukan. Gerakan rotation push up adalah sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh seperti push up.
  2. Gunakan awalan dari atas dengan kedua tangan tegak.
  3. Secara bergantian tekuk tangan kanan dan kiri sembari tangan yang lain menahan beban tubuh.
  4. Lakukan sebanyak 3 set 10 kali secara rutin.

Cara Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Pull Up

cara melakukan pull up untuk membentuk otot dada
cara melakukan pull up untuk membentuk otot dada
Melatih otot dada di rumah dengan pull up memang terdengar mudah untuk dilakukan. Namun sebenarnya pull up memiliki tingkat kesulitan yang jauh diatas dari latihan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena beban tubuh akan benar benar bertumpu pada otot bagian atas saja, yakni otot dada, otot lengan, otot punggung, dan otot bahu. Pull up sendiri merupakan latihan yang memerlukan palang sebagai medianya. Cara melakukan pull up yang benar adalah:
  1. Posisikan tubuh dibawah palang.
  2. Genggam palang yang ada di atas tubuh anda.
  3. Secara perlahan angkat tubuh anda hingga bahu sejajar dengan palang.
  4. Tahan beberapa saat lalu turunkan tubuh secara perlahan.
  5. Lakukan pengulangan sebanyak 3 set 20 kali secara rutin.

Latihan Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Flat Bench Press

cara membentuk otot dada dengan barbell bench press
cara melatih otot dada dengan barbell bench press
Cara membentuk otot dada di rumah selanjutnya adalah dengan flat bench press. yakni bentuk latihan yang memerlukan kursi panjang datar sebagai medianya, selain itu anda juga dapat menggunakan alat bantu barbell atau dumbell. Cara melakukan flat bench press adalah:
  1. Posisikan tubuh berbaring pada bangku dengan punggung rata.
  2. Dengan telapak tangan menghadap keluar, genggamlah stick barbell.
  3. Tumpukan kedua kaki di atas tanah.
  4. Usahakan agar kepala tetap rileks.
  5. Lakukan pengulangan 3 set 10 kali.

Cara membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Cable Crossover

Cable crossover merupakan bentuk latihan yang umum dijumpai di gym maupun training center dengan tujuan untuk membentuk otot dada, otot lengan (tricep), otot punggung dan bahu. Namun latihan ini dapat anda lakukan juga dirumah dengan peralatan standar fitnes tentunya agar program latihan yang anda jalani terjamin keamanannya.
cara melatih otot dada agar terlihat kekar dengan cable crossover
cara melatih otot dada agar terlihat kekar dengan cable crossover
Cara membentuk otot dada di rumah dengan cable crossover adalah sebagai berikut:
  1. Berdiri dengan tubuh agak condong ke arah depan serta punggung tegak.
  2. Majukan kaki kanan.
  3. Posisikan lengan dibuka sembari memagang crossover handle.
  4. Sejajarkan siku dengan bahu anda.
  5. Tekuk lengan anda sedikit sehingga membentuk sudut.
  6. Satukan lengan didepan dada
  7. Sudut lengan sedikit ditekuk
  8. Posisi lengan disatukan di depan dada secara bergantian atau dapat dilakukan secara bersamaan.
  9. Lakukan pengulangan sebanyak 20 hingga 30 kali.
Setelah mengetahui berbagai bentuk latihan yang dapat dengan cepat membentuk otot dada, maka yang harus anda lakukan adalah tekun dan bersabar dalam menajalankan program latihan tersebut karena tidak ada hal yang instan dalam proses membentuk otot dada dan otot tubuh lainnya.





Sumber : http://www.fitnesmu.com/2017/08/12-cara-membentuk-otot-dada-di-rumah.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar